Pj. Bupati Cilacap Mengapresiasi K’Gum dalam Meningkatkan Literasi

Indonesiainvestigasi.com

Cilacap Jawa Tengah – Penjabat (Pj) Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, memberikan apresiasi kepada Komunitas Guru Menulis (K’Gum) Cilacap dalam upaya meningkatkan literasi di wilayah tersebut. Apresiasi ini disampaikan dalam rangka Tasyakuran Ulang Tahun Kelima K’Gum dan ulang tahun kedua penerbitan majalah pelajar Cilacap, Cahya Widya, yang berlangsung di Hotel Sindoro, Jalan Jenderal Sudirman Cilacap, pada Sabtu (9/12/2023).

Awaluddin menyatakan bahwa literasi memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. Ia menghargai peran K’Gum dalam mendukung guru-guru dalam menulis dan menerbitkan karya tulis baik ilmiah maupun populer. Pj. Bupati berharap K’Gum dapat menjadi mitra pemerintah dalam menyosialisasikan berbagai kebijakan, termasuk 10 program prioritas yang akan dilaksanakan dalam satu tahun mendatang.

“K’Gum, teruslah menggelorakan semangat menulis dan membaca. Majalah Cahya Widya diharapkan bisa menjadi sarana sosialisasi untuk 10 program Pj. Bupati agar lebih dikenal dan diimplementasikan sesuai tugas pokok masing-masing,” ujar Awaluddin.

Bacaan Lainnya

Zainal Amri, Sekretaris K’Gum Cilacap, menjelaskan bahwa K’Gum adalah komunitas literasi yang fokus pada menulis dan menerbitkan karya tulis, baik ilmiah maupun populer. Selama lima tahun berdiri, K’Gum telah menerbitkan lebih dari 500 buku yang ditulis oleh guru-guru di Kabupaten Cilacap. Sebagian besar karya ini bahkan dijadikan literasi wajib di sekolah-sekolah.

Sukamto, Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, menegaskan manfaat besar K’Gum bagi para guru. Ia memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada K’Gum, sambil berharap agar komunitas ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru lainnya untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas dalam menulis.

“Kami berterima kasih kepada K’Gum yang telah membantu para guru dalam menulis dan menerbitkan karya tulis. Semoga K’Gum terus tumbuh dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Cilacap,” ujar Sukamto.

Dalam acara tersebut, K’Gum menggelar dua event, yakni lomba kreasi video dengan tema ucapan selamat ulang tahun K’Gum yang kelima dan pemilihan duta literasi guru-guru di Kabupaten Cilacap. Lomba video kreatif dimenangkan oleh SMP Ya Bakii Kesugihan, SMP N 2 Kedungreja, dan SD Al Irsyad 02 Cilacap.

Para duta literasi K’Gum yang terpilih adalah Asih Andriyani, Dhina Indriasari, Narti, Ariawan Istiadi, Subikha, Dwi Retnowati, Yeni Hidayat, Sainah, Muhammad Aldie Rinaldie, dan Narjo. Pada kesempatan tersebut, K’Gum juga memberikan penghargaan kepada Care Member-nya, yaitu Sumirah, Kartem, Titi Murniawati, dan Novi Fitriyatul Wahdiyati.

(Sumber: Dn/Kominfo/Jumardin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *