Resmi Jabat Kapolres Kebumen, AKBP Recky Disambut Tradisi “Pedang Pora”

Indonesiainvestigasi.com

Kebumen, Jawa Tengah  – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Albertus Recky Robertho SIK SH MSi secara resmi menjabat sebagai Kapolres Kebumen. Upacara penyambutan dengan tradisi “Pedang Pora” di Mapolres Kebumen pada Jumat, 22 Desember 2023, memeriahkan momen tersebut.

Wakapolres Kompol Bakti Kautsar Ali memimpin penyambutan dengan tradisi “Pedang Pora”, diikuti oleh PJU Polres, Kapolsek, Perwira, dan keluarga besar Polres Kebumen, termasuk Bhayangkari.

Bacaan Lainnya

Ketika memasuki gerbang Mapolres, AKBP Recky dan istri Ny. Veni Recky disambut dengan pengalungan bunga sebelum memasuki gerbang pora. Karangan bunga dari berbagai instansi, pejabat, dan komunitas juga menghiasi Mapolres Kebumen.

Kasihumas Polres Kebumen, AKP Heru Sanyoto, menjelaskan bahwa tradisi Upacara Pedang Pora merupakan bagian dari warisan budaya Polres Kebumen dalam menyambut pimpinan baru. “Pedang Pora sebagai bentuk penghormatan kepada Kapolres Kebumen. Upacara ini sudah turun-temurun,” ungkap AKP Heru.

Setelah penyambutan dengan pasukan pedang pora, AKBP Recky didampingi pejabat lama AKBP Burhanuddin melakukan serah terima kunci ruang kerja Kapolres Kebumen, pemotongan pita bunga, dan memasuki gedung utama Mapolres.

“Para PJU Polres, Perwira Polres, serta Kapolsek jajaran siap mendukung tugas Kapolres Kebumen,” kata AKBP Burhanuddin dalam kegiatan Laporan Satuan di Gedung Tribrata setelah Upacara Pedang Pora.

AKBP Burhanuddin dan AKBP Recky merupakan teman seangkatan alumni AKPOL tahun 2002. Sebelum menjabat sebagai Kapolres Kebumen, AKBP Recky pernah menjabat sebagai Kapolres Pekalongan Kota dan mengemban sejumlah jabatan strategis lainnya.

“Sebagai orang baru, saya mohon dukungan dalam pelaksanaan tugas. Kita sebagai anggota Polri harus memiliki rasa tanggung jawab pribadi kepada organisasi. Maka harapan saya, tetap laksanakan tugas secara profesional,” ungkap AKBP Recky.

Kepada pejabat lama, AKBP Recky berharap agar bisa lebih sukses di tempat baru. “Selamat jalan untuk AKBP Burhanuddin. Semoga selalu sehat, panjang umur, lancar kariernya,” doa AKBP Recky.

Pejabat lama AKBP Burhanuddin, dalam kesempatan itu, berpamitan kepada seluruh personel, Bhayangkari, serta keluarga besar Polres Kebumen. “Ini merupakan terakhir kali mengambil apel di Polres Kebumen. Sesuai perintah pimpinan, saya telah menyerahkan jabatan dan tanggung jawab kepada AKBP Recky. Semua sudah berjalan sesuai harapan.”

“Saya selaku pribadi dan keluarga, mengucapkan terima kasih atas dukungannya. Jika selama saya di Polres Kebumen ada tutur kata atau perbuatan yang kurang berkenan, mohon dimaafkan,” ucap AKBP Burhanuddin.

(Humas Polres Kebumen/Jumardin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *