Rajut Kerukunan Umat Beragama, Danrem Wijayakusuma Hadiri Open House Keuskupan Purwokerto

Indonesiainvestigasi.com

Purwokerto, Jawa Tengah – Dalam semangat memperkokoh kerukunan umat beragama di Banyumas, Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., yang diwakili oleh Kasrem 071/Wijayakusuma, Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P., turut hadir dalam suasana Natal dan menghadiri Open House yang diselenggarakan oleh Keuskupan Purwokerto di Pascalis Hall Purwokerto, Banyumas pada Selasa (26/12/2023).

Melalui Kasrem 071/Wijakusuma, Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P., Danrem menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama memiliki peran penting sebagai dasar dalam menciptakan keharmonisan di antara lapisan masyarakat yang beragam.

Bacaan Lainnya

“Kerukunan beragama adalah hubungan antar umat beragama yang dibangun atas dasar toleransi, saling pengertian, dan saling menghormati dalam pengamalan ajaran agama, serta kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkapnya.

“Kerukunan umat beragama menjadi modal utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

Danrem berharap bahwa untuk menjaga dan merawat semuanya ini, diperlukan sinergi dan kolaborasi dari seluruh unsur, baik komponen wilayah maupun elemen masyarakat yang dapat berperan aktif dalam membangun kerukunan antar umat beragama dan peka terhadap situasi saat ini. Hal ini harus menjadi pilar pemersatu bangsa.

Lebih lanjut, Danrem menyatakan bahwa kerukunan umat beragama di Banyumas tergolong sangat baik, dan diharapkan dapat terus terjaga dengan baik, menjadi contoh untuk wilayah lain, terutama di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

“Pupuk terus budaya toleransi dan kegotongroyongan antar umat beragama ini, sebagai modal untuk merajut ke-Bhinnnekaan, khususnya kerukunan umat beragama demi kokohnya persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

Terkait dengan kegiatan ini, Danrem mengungkapkan bahwa kegiatan yang diadakan oleh Keuskupan Purwokerto sangat baik dan positif. Menurutnya, ini adalah momen yang baik untuk merajut dan memperkuat kerukunan umat beragama di Banyumas.

Open house Keuskupan Purwokerto dihadiri oleh tokoh agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Banyumas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta elemen dan komponen masyarakat lainnya.

(Jumardin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *