Puncak Arus Balik, Kapolda Jateng Safari Kamtibmas di Kabupaten Kebumen

Indonesia Investigasi

Kebumen, Jawa Tengah – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama dengan PJU Polda Jateng serta Kapolres jajaran eks wilayah Kedu melakukan kegiatan safari Kamtibmas di wilayah Kabupaten Kebumen.

Saat transit di Pendopo Kabumian Kebumen, rombongan disambut oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto serta Forkopimda Kabupaten Kebumen, serta ribuan warga masyarakat yang tengah melaksanakan halal bihalal di pendopo, pada Minggu, 14 April 2024.

Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan, safari Kamtibmas dilakukan sebagai langkah pemeriksaan terakhir untuk wilayah Kabupaten Kebumen dan sekitarnya karena masih dalam status pengamanan rangkaian libur Lebaran. Kehadiran Polda Jateng di tengah acara halal bihalal juga merupakan wujud representasi Negara di Kebumen.

Bacaan Lainnya

“Secara umum, arus lalu-lintas di wilayah Kebumen sangat kondusif. Hari ini merupakan puncak arus balik di wilayah Jawa Tengah,” jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam jumpa pers.

Pada puncak arus balik, rekayasa arus lalu-lintas one way dari Tol Kalikangkung hingga nol Kilometer Jakarta diperpanjang, dan one way lokal dari Tol Bawen hingga Solo juga diberlakukan karena kepadatan arus terus meningkat.

Kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan pulang, disarankan untuk menggunakan rest area yang telah disiapkan untuk istirahat dan mematuhi aturan kecepatan kendaraan.

“Kerja di Jakarta menanti, keselamatan adalah prioritas utama,” tambah Kapolda.

Kapolda Jateng juga mengapresiasi langkah Pemkab Kebumen yang telah menggelar halal bihalal di Pendopo Kabumian Kebumen, dihadiri oleh ribuan warga dari berbagai lapisan masyarakat.

Menurutnya, keberadaan halal bihalal di Kebumen harus diikuti oleh kabupaten lainnya.

“Halal bihalal di Kebumen menciptakan suasana damai. Jika kegiatan serupa juga dilakukan di kabupaten lain, maka Jawa Tengah akan semakin sejahtera,” ungkap Kapolda Jateng.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyambut baik kedatangan Polda Jateng di Kebumen. Dia mengapresiasi kinerja kepolisian sehingga arus lalu-lintas di Kebumen berjalan lancar tahun ini tanpa adanya korban jiwa akibat petasan.

“Setiap tahun ada kecelakaan akibat petasan. Semoga tahun ini dan seterusnya tidak ada korban akibat petasan,” ujar Bupati.

Setelah menghadiri halal bihalal di Pendopo Kabumian, Kapolda Jateng beserta rombongan melakukan pengecekan di Pos Pam Terpadu Alun-alun Kebumen.

Beberapa Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan diperiksa secara daring oleh Kapolda, dan beliau juga memberikan sejumlah bingkisan kepada petugas pengamanan di Pos Pam.

(Naniek)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *