Polres Pesisir Barat Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Indonesia Investigasi

Pesisir Barat – Polres Pesisir Barat menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Mako Polres Pesisir Barat, yang terletak di Jl. Kuala Stabas No.01, Pasar Mulia, Kelurahan Pasar Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat. Selasa (01/10/24)

Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, S.I.K., M.H., dalam hal ini diwakilkan oleh Wakapolres Pesisir Barat Kompol Slamet Raharjo, S.H., M.H. bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh jajaran kepolisian Polres Pesisir Barat.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober merupakan wujud penghormatan atas peristiwa bersejarah yang mengingatkan bangsa Indonesia akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi ancaman terhadap kedaulatan negara, khususnya ideologi Pancasila.

Bacaan Lainnya

Upacara ini diisi dengan pembacaan Pancasila, pembacaan UUD 1945, pembacaan ikrar kesetiaan terhadap Pancasila, serta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan ideologi negara. Seluruh rangkaian acara berjalan khidmat dan lancar.

Setelah upacara selesai, Wakapolres Pesisir Barat memberikan penyampaian terkait makna Hari Kesaktian Pancasila. Dalam keterangannya, Wakapolres menekankan bahwa Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya sebuah upacara seremonial, tetapi juga momentum untuk mengingat perjuangan bangsa dalam mempertahankan ideologi negara dari berbagai ancaman.

“Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri. Sebagai anggota Polri, kami memiliki tanggung jawab untuk selalu menjaga stabilitas keamanan dan memastikan bahwa Pancasila tetap menjadi ideologi yang kokoh di tengah masyarakat,” ujar Wakapolres.

Lebih lanjut, beliau juga menegaskan bahwa Polres Pesisir Barat akan terus berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Pesisir Barat, dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila yang dipegang teguh.

(Mawardi)
(Humas Polres Pesisir Barat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *