Masyarakat Delung Sekinel Kenduri Tolak Bala Pertanian

Indonesia Investigasi

Aceh Tengah, Aceh – Masyarakat Desa Delung Sekinel Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah laksanakan Kenduri Tolak Bala untuk Pertanian pada Senin (15/04/24).

Acara dilaksanakan di Dusun Buntul Liyet Desa Delung Sekinel itu dihadiri masyarakat, Tokoh Masyarakat, dan perangkat desa berlangsung khidmad dan sesuai tradisi adat budaya Gayo.

Alif, Imam Kampung atau Desa Delung Sekinel mengatakan, Kenduri Tolak bala ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya disamping sebagai salah satu ada budaya turun temurun juga sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT Sang Pencipta atas anugerah dan nikmat diturunkan-Nya kepada masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

“Tata cara Kenduri Tolak bala masih tetap kita jalankan sesuai warisan leluhur dengan menyediakan kenduri makanan untuk makan bersama turut dihadiri anak yatim dalam Desa Delung Sekinel juga berdoa bersama ditutup dengan tepung tawar bibit padi atau bibit tanaman pertanian,” kata Alif.

Dalam acara rutin tahunan tersebut dipimpin Imam Kampung serta didampingi Kejruen Blang atau Petua Sawah guna melaksanakan acara sesuai tradisi yang berlaku.*

Sir Ali

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *