LSM Harimau DPC Banjarnegara PAC Pagedongan Berkolaborasi Adakan Sedekah Bumi Merdi Desa Kebutuhduwur

Indonesia Investigasi

Banjarnegara, Jawa Tengah
Dewan Pengurus Cabang (DPC) LSM Harimau Banjarnegara, Pengurus Anak Cabang (PAC) Pagedongan bersama Pemdes Kebutuhduwur, masyarakat serta para tokoh masyarakat baik pemuda maupun antar lembaga laksanakan perayaan Merdi desa.

Acara dalam bentuk sosial budaya tersebut dilaksanakan mulai Kamis (25/7/2024) hingga (28/7/2024).

Dalam kegiatan tersebut dimeriahkan dengan beberapa hiburan pentas seni diantaranya kesenian Ebeg (kuda kepang) dan kesenian Dolalak. Kegiatan pembukaan acara dengan menampilkan kesenian ebeg dan selanjutnya pada malam harinya dilaksanakan selamatan.

Bacaan Lainnya

Wakil ketua Event Nur Susanto Dari LSM Harimau DPC Banjarnegara saat di temui dilokasi acara kepada wartawan mengatakan

“Alhamdulillah di hari ini adalah hari pertama untuk festival ebeg di Desa kebutuh duwur dan ini agar mengangkat budaya di Banjarnegara,” kata Nur Susanto.

“Dengan mengadakan festival ebeg nanti akan berlangsung selama 4 hari dan semoga dengan Gebyar budaya dilaksanakan di hari ini warga setempat bisa menikmati dan bisa nguri-uri budaya, karena ini adalah bagian dari kekayaan negara kita,” sebut Nur Susanto.

Kegiatan event ini di laksanakan dalam rangka Pengalangan dana sedekah bumi, yang mana nanti hasil dari kita sewa lapak dan parkiran nanti semuanya akan kita kontribusikan untuk panitia.

Peserta pentas seni atau festival ini dari beberapa Kecamatan di Banjarnegara dan untuk acara Puncak itu di tanggal (28/7/2024) mulai pukul 03.00 sore.

“Selanjutnya kita adakan pembekalan kepada beberapa ormas baik Pemuda Pancasila, LSM Harimau, PSHT Banser, karang taruna dan lain lainnya.
dan sebelum acara pembekalan dan acara Kebutuhduwur bersholawat kita adakan kirab budaya,” jelas Nur Susanto.

Kepala desa Kebutuhduwur melalui sekertaris desa Sidik Suyitno kepada wartawan mengatakan pelaksanaan acara ini memang dalam penggalangan dana dilaksanakan oleh LSM harimau PAC Pagedongan dan dana tersebut nantinya untuk membantu anggaran pelaksanaan sedekah bumi atau Merdi desa di desa Kebutuhduwur.

“Kegiatan puncak acara sedekah bumi akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal ( 28/7/2024) Minggu malam Senin, dengan mendatangkan penceramah kyai dari Jawa Timur,” katanya.

Sidik Suyitno juga menjelaskan bahwa acara puncak nanti pada Minggu (28/7/2024) akan diadakan ada ziarah kubur

“Berikutnya setelah ziarah kubur habis zuhur dan kirab serta selamatan di balai desa selanjutnya malam harinya di lapangan Kutasari akan diadakan pembekalan untuk ormas-dan lembaga serta pemuda yang ada di Kebutuhduwur Pagedongan,” jelas Sidik.

Sidik Suyitno juga menambahkan, “Kami dari pemerintah Desa Kebutuhduwur dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menyatukan rasa persaudaraan persatuan dan rasa memiliki dan acara ini juga menunjukkan bahwa desa Kebutuhduwur mempunyai adat dan kerukunan,” ungkapnya.

“Karena betul-betul mempunyai persatuan dan kesatuan yang perlu kita contoh dan kita berikan contoh kepada masyarakat lainnya,” pungkas Sidik Suyitno.*

Dewi Ratih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *