Kodim 0102/Pidie Gelar Lomba PBB Sambut HUT TNI ke-79 : Ajang Kompetisi dan Pembentukan Karakter Pelajar

Indonesiainvestigasi Sigli- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI, Kodim 0102/Pidie menyelenggarakan Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB)

yang memperebutkan Piala Panglima TNI tingkat SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Pidie. Kegiatan ini berlangsung di lapangan indoor Kodim 0102/Pidie. Jln. Prof. A. Majid Ibrahim, Desa Lampeude Baroh, Kecamatan Pidie,

Acara dibuka oleh Kasdim 0102/Pidie, Mayor Czi Eko Amin Tohari, yang dalam sambutannya mengapresiasi para perwira staf, Babinsa, guru pendamping, dan peserta lomba sehingga kegiatan lomba PBB dapat berjalan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan

“Kami menyambut hangat kehadiran para guru dan adik-adik peserta lomba di Kodim 0102/Pidie. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan tertib serta dapat membangkitkan semangat kebersamaan dan kedisiplinan di kalangan adik pelajar kedepan” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Mayor Czi Eko berharap lomba ini menjadi lebih dari sekadar ajang kompetisi, melainkan juga sarana untuk meningkatkan kedisiplinan, rasa cinta tanah air, serta mempererat hubungan antara siswa dan TNI.

“Dengan semangat HUT TNI ke-79, lomba ini diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi muda Kabupaten Pidie untuk menjaga persatuan, kebersamaan, dan terus berkreasi positif. Kita berharap dapat melahirkan generasi yang tangguh, disiplin, dan berprestasi,” tutupnya.

Sebelum lomba dimulai, Pasipers Kodim 0102/Pidie, Kapten Inf Ibrahim, menjelaskan mekanisme lomba kepada peserta, termasuk gerakan yang dilombakan seperti Sikap Sempurna, Sikap Istirahat, Parade Periksa Kerapihan, Langkah Tegap, dan berbagai gerakan arah lainnya.

“Semua gerakan tersebut akan diberi aba-aba oleh satu orang danton yang telah ditunjuk di setiap peleton masing-masing” jelasnya.

Lebih lanjut, lomba ini diikuti oleh 12 sekolah, terdiri dari 6 SMP dan 6 SMA sederajat. Peserta tingkat SMP berasal dari SMP N 1 Kembang Tanjong, SMP N 2 Sigli, SMP N 2 Indra Jaya, SMP Sukma Bangsa Sigli, SMP N 1 Simpang Tiga, dan SMP N 1 Sigli. Sementara tingkat SMA di antaranya SMA N 1 Kembang Tanjong, SMA N 1 Sigli, SMA N 3 Unggul Sigli, SMA Sukma Bangsa, SMA N 1 Indra Jaya, dan SMA N 1 Simpang Tiga.

Para pelajar tampak antusias dan bersemangat dalam berkompetisi, dengan sorak sorai penonton yang ikut memeriahkan suasana. Hal ini semakin memacu semangat para peserta lomba dalam menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Sriwahyuni, guru pendamping SMA N 3 Unggul Sigli, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif bagi para pelajar. “Selain untuk menguji konsentrasi, lomba ini juga dapat menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekompakan, dan membentuk karakter pelajar yang baik serta bertanggung jawab,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kerja sama dengan Babinsa dalam latihan PBB selama ini di sekolah yang membantu tim mereka meraih Juara I tingkat SMA.

“Terimakasih Babinsa,Semoga TNI selalu jaya dan dicintai masyarakat,” tambahnya.

Di akhir kegiatan lomba, ditingkat SMP, Juara 1 diraih oleh SMP Sukma Bangsa, Juara 2 oleh SMP N 1 Simpang Tiga, dan Juara 3 oleh SMP N 2 Sigli. Sementara di tingkat SMA, Juara 1 dimenangkan oleh SMA N 3 Unggul Sigli, Juara 2 SMA N 1 Sigli, dan Juara 3 SMA Sukma Bangsa.

Lomba PBB ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga pembelajaran bagi siswa untuk meningkatkan kedisiplinan, rasa cinta tanah air, dan mempererat ikatan antara pelajar dan TNI. Kegiatan ini diharapkan terus dilaksanakan sebagai upaya menanamkan nilai-nilai positif di kalangan generasi muda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *