Kapolda Jateng Pimpin Penutupan Diktukba Polri; 726 Siswa Dilantik Menjadi Anggota Polri di SPN Purwokerto

Indonesiainvestigasi.com

Purwokerto, Jawa Tengah – Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, memimpin Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelantikan Bintara (Diktukba) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jateng, Purwokerto, pada Kamis (21/12/2023).

Dalam Pelantikan Bintara Polri di SPN Purwokerto gelombang II tahun 2023, sebanyak 726 siswa dilantik.

Bacaan Lainnya

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, yang membacakan amanat Kalemdiklat Polri, Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto., M.Si., menyatakan bahwa upacara ini merupakan momen penting yang menandai berakhirnya seluruh rangkaian pembentukan pendidikan bintara dan tamtama Polri gelombang II tahun anggaran 2023. Proses ini berlangsung di Sepolwan, Pusdik Brimob, Pusdik Polair Lemdiklat Polri, dan SPN Polda.

“Sebagai Bhayangkara negara, kita dituntut untuk mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata, dan perilaku hidup, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, sehingga kita mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat,” ujarnya.

Kapolda menambahkan bahwa tugas Polri ke depan akan semakin berat dan kompleks, dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis yang pesat, isu global, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dinamika politik menjelang pemilihan umum tahun 2024.

“Junjung tinggi dan laksanakan dengan sepenuh hati, bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa, dan negara,” tambah Kapolda Jateng.

Dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini, Polri berhasil menambah personel pangkat bintara dan tamtama sebanyak 15.419 orang, terdiri dari 14.771 Polki dan 648 Polwan. Mereka terbagi dalam 13.226 bintara Polisi tugas umum, 500 bintara Brimob, 100 bintara Polair, 1.497 tamtama Brimob, dan 96 tamtama Polair.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu S, menjelaskan bahwa 726 siswa yang mengikuti Diktukba gelombang II tahun 2023 telah menjalani pendidikan selama lima bulan, mulai dari 25 Juli hingga 21 Desember 2023.

“Setelah selesai kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Penyumpahan Bintara Polri Gel. II TA. 2023 SPN Polda Jateng, selanjutnya dilakukan penyerahan Bintara Remaja ke Ro SDM Polda Jateng untuk penempatan di wilayah,” jelasnya.

(Arief/Nanik/Bidhumas Polda Jateng/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *