Abrasi Sungai Ancam Rumah Warga di Langkahan Acut

Indonesiainvestigasi.com

Aceh Utara – Abrasi tebing sungai di Dusun Pante Sejahtera Desa atau Gampong Pante Gaki Bale Kecamatan Langkahan Kecamatan Aceh Utara (Acut) ancam rumah penduduk setempat, warga mulai resah.

Pantauan awak media Indonesiainvestigasi.com di lokasi Dusun Pante Sejahtera Desa Pante Gaki Bale terlihat sekitar 10 unit rumah masyarakat posisinya sudah sangat dekat dengan sungai akibat terus menerus digerus Abrasi.

Menurut Ramulah, warga rumahnya sudah dekat dengan tebing sungai di Dusun Pante Sejahtera, kondisi ini terus menerus terkikis abrasi setiap banjir sungai Langkahan ini dan rumah-rumah disekitar bantaran sungai ini semakin dekat ke sungai.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah merasa sangat ketakutan selama ini jika tiba-tiba banjir air sungai dan Abrasi terus menerus terjadi karena sungai tidak memiliki tebing pengaman Abrasi,” kata Ramulah, Munggu (07/01/24).

Hal sama dibenarkan oleh warga lainnya, Syafi’i juga rumahnya sudah sangat dekat dengan bibir daerah aliran sungai (DAS) Krueng Langkahan akibat tanpa tebing pengaman Abrasi di sepanjang tebing sungai hanya dengan pengaman pohon kayu dan tanah biasa.

“Kami sangat berharap pihak pemerintah meninjau kawasan ini selalu mengalami Abrasi dikawasan seputaran DAS Krueng Langkahan di Dusun Pante Sejahtera Desa Pante Gaki Bale Kecamatan Langkahan, Aceh Utara dari ancaman Abrasi lanjutan,” pinta Syafi’i.

Semua itu, lanjutnya, agar rumah warga sebanyak 10 rumah terselamatkan dari bencana yakni rumah warga terjun ke dalam sungai.*

Supri Hasbi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *