Rayakan Idul Adha, Polres Salatiga Kurban 5 Sapi dan 11 Kambing

Indonesia Investigasi

Salatiga, Jawa Tengah – Keluarga Besar Personel Polres Salatiga sembelih lima ekor sapi dan sebelas kambing pada perayaan Idul Adha 1445 H Tahun 2024 di halaman Masjid Sunan Kalijaga Polres Salatiga, Senin (17/06/2024).

Satu ekor sapi jenis Limosin disumbangkan atas nama Kapolres Salatiga, AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi beserta keluarga. Sementara penyembelihan disaksikan langsung oleh Kapolres Salatiga bersama Pejabat Utama (PJU) Polres Salatiga dan anggota Polres Salatiga serta tamu undangan yang hadir.

Sebelum penyembelihan, hewan kurban diperiksa kelayakan juga kesehatannya oleh Drh. Meta Iqomah dan dinyatakan bahwa kelima ekor sapi dan sebelas ekor kambing dalam keadaan sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

Bacaan Lainnya

AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi dalam sambutannya menyatakan bahwa kurban merupakan wujud syukur dan meneladani apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS. “Wujud syukur sekaligus tunduk dan pasrah atas perintah Allah SWT. Dengan berkurban kita juga dapat menumbuhkan sifat senang berbagi dan peduli dengan orang lain,” ucapnya.

Pada Idul Adha 1445 H Tahun 2024 ini, Polres Salatiga melaksanakan pemotongan empat ekor sapi dari lima ekor sapi yang ada. Satu ekor sapi dan sebelas kambing yang merupakan hewan kurban dari anggota jajaran Polres Salatiga diserahkan kepada Ketua FKUB serta beberapa pondok pesantren (ponpes) di Kota Salatiga.

Selanjutnya daging hewan kurban dibagikan langsung kepada keluarga besar anggota Polres Salatiga, para purnawirawan, dan warga masyarakat yang berhak. “Semoga hal ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang menerima dan menjadi ladang amal bagi anggota Polres Salatiga, khususnya yang melaksanakan kurban pada Idul Adha 1445 H Tahun 2024 ini,” tutup AKBP Aryuni Novitasari.

Adapun hewan kurban lainnya, yaitu satu ekor sapi diserahkan ke Ponpes Masitoh, dan masing-masing satu ekor kambing diserahkan ke Musholla Darul Salam Pengilon, Ponpes Darul Falah, Pondok Ittihadul Asna, Masjid Al Muawanah, Ponpes Darul Husna, PA Darul Khadlanah, Ponpes Sunan Giri, Pondok Al Bayan, Ketua FKUB, dan Ponpes Tarbiyatul Islam Al Falah.

Hewan-hewan kurban tersebut sebelum disembelih, juga telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan. Setelah disembelih, organ dalam hewan kurban diperiksa satu per satu secara teliti oleh Drh. Meta Iqomah dan dinyatakan bahwa hewan kurban yang disembelih di Polres Salatiga sehat juga layak konsumsi. “Post mortem terhadap hewan kurban setelah kami periksa isi rongga perut dan isi rongga dada, baik hati, limpa, jantung, dan organ dalam, semuanya dalam kondisi sehat serta layak konsumsi,” jelasnya.

Kapolres Salatiga pada kesempatan berbeda menyatakan bahwa Idul Adha adalah momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. “Berkurban merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu dan dengan berkurban serta berbagi daging akan meningkatkan tali persaudaraan dengan sesama, sekaligus sebagai wujud syukur dan bentuk kepedulian kita terhadap sesama,” tutup AKBP Aryuni Novitasari.

(Arief/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *