Puting Beliung hingga Longsor Melanda Kecamatan Ayah, Polres Kebumen: Warga Diminta Waspada

Indonesiainvestigasi.com

Kebumen, Jawa Tengah – Cuaca buruk dengan hujan lebat dan angin kencang belakangan ini perlu menjadi perhatian bersama. Beberapa waktu lalu, lima rumah di Kecamatan Ayah mengalami kerusakan akibat cuaca buruk.

Kapolres Kebumen AKBP Recky, melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, menyampaikan bahwa pada peristiwa Jumat, 19 Januari 2024, lima rumah warga mengalami kerusakan serius akibat longsor dan angin puting beliung. Meskipun tidak ada korban jiwa, rumah-rumah tersebut mengalami kerusakan signifikan mulai dari atap hingga pondasi.

Bacaan Lainnya

AKP Heru menjelaskan, “Saksi mata di beberapa lokasi melaporkan adanya angin puting beliung. Lima rumah di beberapa titik dilaporkan tertimpa pohon pada peristiwa itu,” pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Kejadian pertama menimpa Abdullah Fikri (62) di Desa/Kecamatan Ayah. Pohon jati tumbang menimpa atap rumahnya pada hari Kamis, 18 Januari 2024, sekitar pukul 14.30 WIB.

Pada hari yang sama, sekitar pukul 12.00 WIB, angin puting beliung juga menyebabkan pohon nangka roboh menimpa rumah Nuryadi (55) di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

Di Desa Mangunweni, Kecamatan Ayah, atap rumah milik Supriyono terbang terhempas angin puting beliung pada hari Kamis, 18 Januari 2024, sekitar pukul 21.30 WIB, dengan kerugian diperkirakan sebesar 2,5 Juta Rupiah.

Kemudian, di Desa Kalipoh, Kecamatan Ayah, atap rumah Muhlidin rusak tertimpa pohon pada hari Jumat, 19 Januari 2024, sekitar pukul 02.30 WIB.

Di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, pondasi rumah milik Sugito dilaporkan longsor akibat cuaca buruk yang terjadi pada Jumat, 19 Januari 2024, dini hari.

AKP Heru menambahkan, “Telah kita terjunkan personel Polsek Ayah bersama dengan TNI, Kecamatan Ayah, serta warga untuk membantu para korban mengevakuasi puing-puing. Semoga tak ada lagi bencana alam serupa di wilayah Kebumen.”

Dengan banyaknya kejadian bencana alam belakangan ini, warga diimbau untuk selalu waspada. Kabupaten Kebumen dikenal rawan terhadap bencana seperti longsor, banjir, puting beliung, hingga pohon tumbang.

(Humas Polres Kebumen/Jumardin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *