Puskesmas Kedungreja Sabet Penghargaan Ramah Anak Tingkat Nasional

Indonesiainvestigasi.com

Cilacap, Jawa Tengah – Puskesmas Kedungreja, Kabupaten Cilacap, memperoleh penghargaan Puskesmas Ramah Anak tingkat nasional dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP PA). Puskesmas ini mencapai nilai sempurna, yaitu 250 poin, dalam penilaian standarisasi oleh kementerian tersebut.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya Puskesmas Kedungreja dalam memenuhi hak dan melindungi anak melalui pelayanan kesehatan yang ramah dan berkualitas. Puskesmas ini diakui telah memenuhi sembilan indikator Puskesmas Ramah Anak, mencakup kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia, sarana prasarana dan lingkungan, pelayanan, pengelolaan, partisipasi anak, pemberdayaan masyarakat, dan inovasi.

Puskesmas Kedungreja menjadi puskesmas ramah anak yang menjadi percontohan di Kabupaten Cilacap. Selain menyediakan sarana bermain (kids corner), Puskesmas ini juga dilengkapi dengan ruang laktasi dan ruang pemeriksaan khusus anak.

Bacaan Lainnya

Dengan visi “Mewujudkan masyarakat Kedungreja sehat dan mandiri” serta misi “Mengembangkan pelayanan bermutu yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dan keselamatan, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Terciptanya masyarakat ber PHBS, Mendorong dan merangsang potensi masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan, Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan mensejahterakan karyawan,” Puskesmas ini memiliki luas tanah 202 ubin dan melayani 11 desa dengan total penduduk mencapai 100.900 jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, menyatakan bahwa Puskesmas Ramah Anak adalah program unggulan Pemkab Cilacap dalam meningkatkan kesejahteraan anak. Ia berharap penghargaan ini dapat memotivasi semua pihak untuk terus berkomitmen dalam memenuhi hak dan melindungi anak di Kabupaten Cilacap.

(Dn/Kominfo/Jumardin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *