Polresta Cilacap Berantas Kenakalan Remaja Melalui Students Presisi Awards

Indonesiainvestigasi.com

Cilacap, Jawa Tengah – Dalam upaya menekan kasus tawuran, bullying, geng motor, dan kenakalan remaja di Kabupaten Cilacap, Polresta Cilacap menyelenggarakan Lomba Students Presisi Awards tingkat SLTA/sederajat pada Juli hingga November 2023. Penyerahan hadiah lomba dilakukan hari ini, Senin (04/03/2024), di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap.

Kasat Binmas Polresta Cilacap, AKP Sitowati, selaku ketua penyelenggara, menjelaskan bahwa awalnya ada 109 SLTA/sederajat yang menjadi sasaran, tetapi hanya 67 sekolah yang mengisi check list. Dari jumlah tersebut, 12 sekolah dengan nilai tertinggi dipilih setelah proses penilaian check list. Tim gabungan kemudian meninjau ke lapangan untuk melihat kondisi sekolah dan siswa secara langsung.

“Kriteria penilaian mencakup 6 kategori, seperti pengorganisasian, performa dan etika siswa, lingkungan sekolah, ketertiban sekolah, kenakalan siswa dalam 4 bulan terakhir, serta jumlah siswa berprestasi,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Kapolresta Cilacap, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, mengambil kasus bullying di Kabupaten Cilacap pada tahun 2023 sebagai dasar dalam mengadakan lomba ini. Lomba Students Presisi Awards melibatkan Pemerintah Daerah seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Satpol PP, serta instansi terkait lainnya.

“Ini adalah wujud kepedulian kami, karena memerlukan kerjasama dari semua pihak untuk menekan dan memberantas kenakalan remaja, khususnya di kalangan pelajar. Jika situasi di level SLTA/sederajat sudah kondusif, kami akan mengadakan Students Presisi Awards tingkat SLTP/sederajat,” ungkapnya.

Pj. Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, mengapresiasi kegiatan ini yang dianggap masih jarang dilakukan padahal memberikan dampak yang baik. Ia berharap agar Students Presisi Awards terus dikembangkan mengingat pelajar merupakan harapan dan masa depan bangsa.

“Ini merupakan langkah preventif yang luar biasa, dibuktikan dengan berkurangnya angka kasus kenakalan remaja di Kabupaten Cilacap. Semoga para pemenang bisa menjadi motivasi bagi generasi muda lainnya untuk menjadi pelajar yang disiplin, berprestasi, dan berperilaku baik,” ungkapnya.

Juara 1 Students Presisi Awards Tahun 2023 diraih oleh SMA Negeri 3 Cilacap, juara 2 oleh SMK Negeri 1 Karangpucung, juara 3 oleh MAN 1 Cilacap, juara harapan 1 oleh SMA Negeri 1 Cilacap, juara harapan 2 oleh SMK Negeri 1 Kawunganten, juara harapan 3 oleh SMA Negeri 2 Cilacap, dan sekolah terinovatif oleh PBKM Kecamatan Maos. Setiap pemenang diberikan piagam penghargaan, uang pendidikan, dan laptop sebagai hadiah.

(Pink/Kominfo/Jumardin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *