Peringatan HUT Ke-73 Polairud: Siaga untuk Mengamankan Pemilu 2024

Indonesiainvestigasi.co.

Semarang, Jawa Tengah – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Polairud diselenggarakan di Mako Ditpolairud Polda Jateng, Jl. Yos Sudarso, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah, dengan tema “_Polairud Presisi Siap Mengamankan Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju_”. Acara ini berlangsung pada Jumat (1/12/2023).

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng Brigjen Abioso Seno Aji, para pejabat utama Polda, dan Kapolres Jajaran turut hadir dalam perayaan tersebut.

Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan bahwa peringatan ke-73 Polairud menandai komitmen Polri, khususnya Direktorat Polairud Polda Jateng, dalam menjaga harkamtibmas di laut dan sepanjang garis pantai di wilayah Jawa Tengah menyongsong Pemilu 2024.

Bacaan Lainnya

“Dengan peringatan ke-73 tahun Hari Jadi Polairud akan mewarnai dinas Kepolisian, khususnya di wilayah Jawa Tengah, dengan terobosan kreatifnya dalam menjaga wilayah laut dan sepanjang garis pantai kita. Semua ini untuk menunjang agar Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman dan damai,” ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi.

Menurutnya, Polairud bekerja sama dengan Bakamla, Brimob, dan TNI AL dalam mengamankan wilayah laut, termasuk di danau, guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan. Irjen Pol Ahmad Luthfi juga menegaskan kesiapan dalam menghadapi potensi bencana saat musim hujan.

Direktur Polairud Polda Jateng, Kombes Pol Hariyadi, menyampaikan bahwa Ditpolairud Polda Jateng telah menyiagakan personil dan peralatan lengkap untuk penanganan bencana selama musim hujan. Sebanyak satu pleton SAR Polairud (sekitar 20 orang) dilengkapi dengan perahu karet dan peralatan lainnya.

Kombes Hariyadi menambahkan bahwa koordinasi dengan instansi lintas sektor telah dilakukan untuk penanganan bencana dan kegiatan lainnya dalam rangka menjaga harkamtibmas di wilayah perairan.

Dalam kesempatan ini, Kombes Pol Hariyadi menghimbau para nelayan agar berhati-hati saat melaut, terutama saat cuaca buruk. Serta, mengingatkan pengguna jasa angkutan laut dan wisata perairan untuk memprioritaskan faktor keamanan dan keselamatan.

“Peralihan cuaca ini, kita himbau nelayan dan pengguna jasa angkutan laut maupun wisata perairan untuk hati-hati dan utamakan faktor keamanan dan keselamatan,” ungkap Kombes Hariyadi.

Ia menekankan tiga gangguan keamanan di perairan yang menjadi prioritas, yakni penyelundupan barang, penyalahgunaan BBM subsidi, dan kewaspadaan terhadap ombak tinggi, terutama saat ini musim hujan.

(Arief/Humas Polda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *