Peringatan: Aplikasi Pishing di Telegram Mengatasnamakan Tiket(dot)com

Indonesiainvestigasi.com

Jakarta – Pengguna Telegram dihimbau untuk berhati-hati terhadap aplikasi pishing yang mengatasnamakan layanan resmi Tiket.com. Aplikasi pishing ini menargetkan pengguna dengan tujuan memperoleh informasi pribadi dan keuangan yang sensitif.

Dalam praktiknya, aplikasi pishing ini menggunakan modus yang menyesatkan, seperti penawaran tiket pesawat atau akomodasi dengan harga diskon yang menarik. Pengguna diiming-imingi dengan penawaran palsu seperti permainan game atau mengisi quetion dan diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, kata sandi, dan informasi keuangan lainnya.

Contoh aksi yang mereka lakukan di group-group Telegram. (Doc.IIC)

Cara kerja aplikasi pishing di telegram ini biasanya menawarkan penawaran yang sangat menggiurkan, seperti tiket pesawat atau akomodasi dengan harga yang jauh lebih murah dari biasanya atau bisa juga hadiah uang tunai.

Bacaan Lainnya

Setelah menarik perhatian pengguna dengan penawaran palsu, aplikasi tersebut biasanya meminta pengguna untuk memasukkan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, tanggal kedaluwarsa, dan kode CVV (3 angka dibelakang kartu kredit/debit).

Setelah memperoleh informasi sensitif dari pengguna, para pelaku dapat menggunakan informasi tersebut untuk melakukan tindakan penipuan atau pencurian identitas.

Cara menghindari kegiatan seperti ini, coba lakukan verifikasi keaslian situs atau aplikasi yang tertera. Pastikan untuk selalu memeriksa keaslian situs atau aplikasi sebelum memasukkan informasi pribadi atau keuangan. Periksa apakah alamat situs atau nama aplikasi sesuai dengan yang resmi.

Jangan merespons penawaran yang terlalu bagus dan terlalu muluk. Jika penawaran terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, berhati-hatilah dan lakukan penelitian lebih lanjut sebelum melakukan transaksi.

Waspadai juga permintaan informasi pribadi, jangan pernah memberikan segala bentuk informasi pribadi atau keuangan sensitif melalui pesan atau email yang tidak dipastikan keasliannya.

Segera laporkan aktivitas mencurigakan pishing atau penipuan,  kepada pihak yang berwenang atau platform yang bersangkutan.

Jawaban pihak Tiket(dot)com. (Doc.ICC)

Selalu berhati-hati dan waspada terhadap praktik pishing yang dapat membahayakan keamanan dan privasi online. Selalu pastikan untuk memverifikasi keaslian situs atau aplikasi sebelum memasukkan informasi pribadi atau keuangan sensitif. Dengan meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, kita dapat melindungi diri dari ancaman online yang merugikan.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar