Penuh Semangat, Warga Binaan Lapas Banjarmasin ikuti Perjusami yang Digelar Kemenkumham Kalsel di Lapas Banjarbaru

Indonesia Investigasi

Banjarbaru – Warga Binaan Lapas Banjarmasin ikuti kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami) Pramuka UPT Pemasyarakatan se-Banjar Raya tahun 2024 yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan di Lapas Kelas IIA Banjarbaru. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (20-22/9/24) ini diikuti oleh 80 orang peserta yang merupakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Banjar Raya.

Dalam sambutannya, Jumadi selaku Kakanwil Kemenkumham Kalsel mengawali dengan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ia menyampaikan bahwa Perjusami ini bukan hanya sebuah kegiatan rutin, tetapi menjadi langkah awal penting untuk membentuk karakter para warga binaan dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila. “Kegiatan ini bukan sekadar pertemuan, melainkan sebuah langkah awal untuk menjadikan pramuka sebagai sarana kuat dalam membentuk karakter warga binaan,” ujarnya.

Faozul Ansori, selaku Kepala Lapas Banjarmasin, menyampaikan bahwa kegiatan Perjusami ini memberikan banyak manfaat positif bagi warga binaan. “Kegiatan ini sangat positif karena berisikan pengembangan diri dan kesempatan untuk mengisi waktu dengan aktif mempraktikkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pramuka,” ujar Faozul.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Perjusami ini menjadi salah satu program unggulan dalam upaya pembinaan warga binaan di lingkungan pemasyarakatan. Selain memberikan keterampilan teknis, kegiatan seperti ini juga menanamkan nilai-nilai moral yang sangat penting untuk proses reintegrasi sosial warga binaan setelah menyelesaikan masa pidana mereka.(hn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *