Pemkab Cilacap dan PT. KPI RU IV Cilacap Teken Kesepakatan Kerjasama Pembangunan

Indonesiainvestigasi.com

Cilcacap, Jawa Tengah – Pemerintah Kabupaten Cilacap dan PT. Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (RU) IV Cilacap telah menandatangani kesepakatan kerjasama yang menetapkan peran serta PT. KPI RU IV Cilacap dalam pembangunan daerah di Kabupaten Cilacap. Kesepakatan ini diresmikan oleh Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri dan General Manager PT. KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama, di Ruang Gadri Rumah Dinas Bupati Cilacap pada Jumat (15/12/2023).

Penandatanganan ini turut dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Sujito, para Asisten, sejumlah kepala OPD, dan manajerial PT. KPI RU IV Cilacap. Edy Januari Utama, dalam sambutannya, menekankan pentingnya kesepakatan ini untuk mengharmoniskan kegiatan tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan dengan tugas pokok sebagai BUMN di sektor energi.

Edy berharap agar kerjasama ini melibatkan berbagai aspek, termasuk lingkungan, pendidikan, sosial budaya, dan bidang lainnya. “Saya yakin kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini dapat ditingkatkan, sehingga tugas pokok kami sebagai BUMN dijalankan dengan efektif. Begitu juga Pemerintah Kabupaten Cilacap dapat melaksanakan kegiatan pembangunan dengan sukses,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri menyambut baik kesepakatan ini, mengapresiasi kontribusi PT. KPI RU IV Cilacap terhadap pembangunan di Kabupaten Cilacap. Ia berharap kerjasama ini memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat setempat, terutama di sektor energi, lingkungan, dan perekonomian.

“Pertamina dapat berkontribusi dalam potensi unik Cilacap, seperti hutan mangrove. Ke depan, perdagangan karbon dari mangrove ini membawa peluang baru. Semoga ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena kita memiliki lebih dari 8000 hektar mangrove dengan kondisi yang saat ini memprihatinkan,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Cilacap menegaskan kebutuhan akan komitmen perusahaan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Hal ini untuk meningkatkan kualitas kehidupan lingkungan, baik bagi masyarakat, perusahaan, maupun komunitas.

Kerjasama ini diharapkan dapat mengembangkan berbagai sektor pemerintahan, termasuk pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, ekonomi, dan sektor lain yang berdampak positif bagi Pemerintah Kabupaten Cilacap, PT. KPI RU IV Cilacap, dan masyarakat setempat.

(Dn/Kominfo/Jumardin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *