Pemerintah Pekon Way Redak Salurkan BLT-DD Tahap IV Tahun 2023

Indonesiainvestigasi.com

Pesisir Barat, Lampung – Pemerintah Pekon Way Redak di Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap IV tahun 2023 kepada 26 penerima manfaat. Pembagian bantuan dilaksanakan di Balai Pekon Way Redak setempat. Jum’at (22/12/2023).

Kegiatan penyaluran BLT-DD Exstrim ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Pesisir Tengah yang diwakili Kasi Trantib, Bhabinkamtibmas, Babinsa, PLD, PDTI, Ketua dan anggota LHP, Linmas, seluruh aparatur pekon, dan masyarakat penerima manfaat pekon Way Redak.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Camat Pesisir Tengah yang diwakili Kasi Trantib menekankan pentingnya seleksi yang hati-hati dalam menentukan penerima manfaat agar bantuan tepat sasaran.

“Lakukanlah pendataan secara maksimal dan salurkan hanya kepada yang benar-benar berhak menerimanya,” ungkapnya.

Program pembagian BLT-DD merupakan inisiatif pemerintah pusat melalui pemerintah pekon, mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK): 201/PMK.07/2022 Atas Perubahan PMK: 128/Pmk.07/2021, sebagaimana disampaikan Kasi Trantib.

Peratin Way Redak, Tamzirulloh, menjelaskan bahwa penyaluran BLT-DD adalah bagian dari program jaringan pengamanan sosial untuk mempercepat pemulihan ekonomi paska-pandemi Covid-19.

“Pembagian BLT-DD ini ditujukan kepada masyarakat yang secara layak memenuhi syarat. Keputusan ini dihasilkan melalui musyawarah antara aparat pekon dan tokoh masyarakat, yang menghasilkan 26 orang sebagai penerima manfaat BLT-DD Tahap IV ini. Mereka termasuk dalam kategori lansia, yatim piatu, para janda, dan jompo yang benar-benar berhak menerima bantuan ini,” jelas Peratin.

Lebih lanjut, Peratin Tamzirulloh menyampaikan bahwa pada tahap keempat ini, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan Rp300 per bulan, dengan penyaluran rapel selama Oktober – November – Desember.

“Setiap penerima menerima total Rp900.000,- pada tahap terakhir tahun Anggaran 2023 ini. Kami berharap bantuan ini dapat digunakan dengan bijaksana dan benar-benar bermanfaat untuk kebutuhan keluarga. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi di tengah pancaroba,” tutupnya.

(Irfan Fajri – Haryadi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *