Pemerintah Pekon Pemerihan Salurkan BLT-DD Extrim Tahap IV TA 2023

Indonesiainvestigasi.com

Pesisir Barat, Lampung – Pemerintah Pekon Pemerihan, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap IV tahun 2023 kepada 19 penerima manfaat. Pembagian bantuan tersebut dipusatkan di Balai Pekon Pemerihan pada Jumat (22/12/2023).

Hadir dalam kegiatan penyaluran BLT DD Exstrim ini, Camat Krui Selatan yang diwakili Kasi Trantib, Bhabinkamtibmas, Babinsa, PLD, PDTI, Ketua dan anggota LHP, Linmas, seluruh aparatur pekon, dan juga masyarakat penerima manfaat pekon Pemerihan.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan ini, Camat Krui Selatan yang diwakili kasi Trantib menekankan kepada kepengurusan dan perangkat pekon untuk selalu berhati-hati saat menyeleksi penerima manfaat. Pendataan yang maksimal dan penyaluran yang tepat sasaran menjadi fokus utama.

“Adakanlah pendataan yang benar-benar maksimal dan disalurkan pada yang layak menerimanya,” jelasnya.

Program pembagian BLT DD ini merupakan inisiatif pemerintah pusat melalui pemerintah pekon dengan merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK): 201/PMK.07/2022 Atas Perubahan PMK: 128/Pmk.07/2021, seperti yang disampaikan oleh Kasi Trantib.

Peratin Pemerihan, Dahril, menyampaikan bahwa penyaluran BLT DD merupakan kelanjutan dari program jaringan pengamanan sosial untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19. Pembagian bantuan dilakukan berdasarkan hasil musyawarah antara aparat pekon dan tokoh masyarakat, dengan 19 orang yang memenuhi syarat sebagai penerima manfaat BLT DD tahap IV. Mereka terdiri dari lansia, yatim piatu, para janda, dan jompo yang layak menerima bantuan ini.

Peratin Dahril juga menjelaskan bahwa setiap KPM pada tahap ke Empat ini menerima Rp300/bulan karena penyalurannya dirapel selama bulan Oktober, November, dan Desember. Total setiap penerima adalah Rp900.000,- untuk tahap terakhir di tahun Anggaran 2023 ini.

“Semoga dengan adanya bantuan ini dapat sedikit meringankan beban ekonomi bapak-bapak atau Ibu-ibu di kala musim pancaroba seperti ini,” tutupnya.

(Irfan Fajri – Edi Edwar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *