Maulid Nabi di Desa Teupin Keubeu berlangsung Meriah

Indonesia Investigasi

Aceh Utara – Maulid Nabi atau dalam bahasa Aceh di sebut molod adalah sebuah acara atau kenduri yang di lakukan masyarakat Aceh untuk memeriahkan hari kelahiran Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Hari ini minggu (13/10/2024) Desa Teupin Keubeu kecamatan Matangkuli melaksanakan perayaan Maulid. Dalam acara tersebut masyarakat di desa setempat akan mengantarkan aneka ragam makanan ke menasah. Juga ada zikir dan shalawat dari anak-anak dayah di desa setempat dan desa tetangga.

 

Bacaan Lainnya

Acara tersebut di hadiri ratusan tamu undangan dari desa-desa tetangga seperti Desa Tanjong babah Krueng Menasah Tring, Punti, matang mee, dan desa lainnya.

Muhammad Nazar selaku Geuchik Teupin Keubeu mengatakan, Masyarakat kami masih sangat antusias dalam menyambut bulan kelahiran Rasulullah SAW. Biasanya masyarakat kami sudah mempersiapkan segala keperluan Maulid jauh hari sebelum hari H.

Di malam harinya rumah warga penuhi kerabat dan para tamu yang datang berkunjung dan ber sama-sama membungkus bulukat dengan daun pisang.
Bulukat adalah salah menu wajib di Aceh Utara saat Perayaan Maulid Nabi.

Tgk Zakaria selaku Imum Gampong Teupin Keubeu terlihat sangat aktif dalam kegiatan ini. Di usianya yang tidak muda lagi beliau masih sangat bersemangat mengatur dan mengurus segala hal nya hingga acara selesai. Imran selaku ketua pemuda desa setempat juga terlihat sibuk menyiapkan makanan untuk para tamu dan mengawal acara bersama para pemuda hingga selesai.

Teuku Fajar Al-Farisyi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *