Lapas Kelas IIA Tangerang Tingkatkan Sinergitas dengan APH dalam Pencarian Tahanan yang Melarikan Diri

Indonesiainvestigasi.com

Tangerang, Banten – Lapas Kelas IIA Tangerang sedang berupaya melakukan pencarian terhadap seorang tahanan berinisial N yang melarikan diri dari Lapas Kelas IIA Tangerang pada Rabu (6/12/2023).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tangerang, Yekti Apriyanti, menyampaikan bahwa kejadian pelarian dimulai dari laporan petugas pos jaga Blok Teratai pada pukul 12.30 WIB kepada Komandan Jaga dan Staf KPLP, yang kemudian diteruskan kepada Ka. KPLP dan Kalapas.

“Diperkirakan terjadi pada pukul 12.00 WIB,” ucap Yekti.

Bacaan Lainnya

Dalam upaya koordinasi dengan Aparatur Penegak Hukum (APH), Lapas Kelas IIA Tangerang telah berupaya berkoordinasi dengan pihak penahan dari Tahanan N, yakni Polsek Karawaci, untuk bersama-sama melakukan pencarian terhadap Tahanan N tersebut.

Sebagai tindak lanjut, Kalapas telah membentuk tim pencarian yang terdiri dari seluruh petugas, yang melakukan pencarian serentak di beberapa lokasi yang terkait dengan informasi tahanan tersebut.

“Saya pastikan seluruh proses pencarian berjalan intensif dan tidak henti untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan pimpinan serta Aparatur Penegak Hukum lainnya. Apabila pencarian berhasil, maka kami akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan ketentuan pengamanan dalam Lapas/Rutan, seperti penempatan pada tempat khusus yang mudah dalam pengawasan,” tegas Yekti.

Lebih lanjut, Yekti menyampaikan kekhawatirannya karena beberapa laporan dari teman blok hunian menyatakan bahwa psikis Tahanan N tersebut sedikit terganggu dan tidak bersosialisasi.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan kepada Warga Binaan, khususnya Tahanan N, apabila sudah ditemukan kembali, seperti melakukan assessment dengan pendampingan psikolog. Kami juga tetap akan waspada dan meningkatkan 3 + 1 Kunci Pemasyarakatan agar kejadian ini tidak dapat terulang,” tutup Yekti.

(Red/Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *