Kompolnas: Kampanye Hari Pertama Berjalan Kondusif di Jawa Barat

Indonesiainvestigasi.com

Bandung, Jawa Barat – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan kampanye pada hari pertama di wilayah hukum Polda Jawa Barat. Pemantauan ini dilakukan oleh Anggota Kompolnas Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M., dan H. Mohammad Dawam S.H.I., M.H., didampingi oleh Brigpol Rizal Permana, S.H., M.H.

Pudji menyatakan bahwa Polda Jawa Barat menjadi fokus pemantauan karena memiliki populasi penduduk dan pemilih pemilu 2024 terbesar di Indonesia. “Dengan jumlah penduduk yang besar, potensi kerawanan juga cukup tinggi,” ungkapnya dalam keterangan tertulis pada Rabu (29/11/2023).

Provinsi Jawa Barat menjadi obyek kunjungan karena relevan dan strategis dalam pemantauan persiapan Polri di Polda jajaran, khususnya pada Operasi Mantap Brata 2023.

Bacaan Lainnya

“Hari pertama kampanye pemilu 2024 menjadi momen penting bagi Kompolnas untuk memantau persiapan Satuan Wilayah Polri. Kami memberikan himbauan khusus mengenai netralitas kepada para anggota dalam proses Pemilu 2024. Ini adalah komitmen dan pesan penting kami kepada seluruh anggota Polri di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Pudji.

Setelah mengunjungi Polda Jawa Barat, tim melanjutkan kunjungan ke Polrestabes Bandung dan Polres Purwakarta untuk tujuan yang sama. Pudji menekankan pentingnya sikap profesionalisme dan netralitas anggota Polri dalam pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan Surat Telegram (ST) Kapolri nomor: 1160, tertanggal 31 Mei 2023. Seluruh personel diingatkan untuk terus menjaga situasi keamanan agar proses tahapan pemilu 2024 berlangsung kondusif.

Mohammad Dawam, Anggota Kompolnas, menegaskan bahwa tugas Polri adalah tugas mulia, termasuk menegakkan keadilan hukum dan harkamtibmas. Tugas ini merupakan mandat struktural di bawah langsung Presiden sebagai Kepala Negara. Melalui pelaksanaan fungsi pelayanan publik, Polri juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Hal ini sangat strategis untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman, damai, berkualitas, dan bermartabat selama proses pemilu 2024 berlangsung,” jelas Dawam.

Sementara itu, Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Kalingga, menjelaskan bahwa Polda Jawa Barat telah menyiapkan Aplikasi One Data yang terkoneksi dengan aplikasi-aplikasi Polda Jabar. Aplikasi ini mencakup pemantauan melalui CCTV dengan teknologi face recognition (FR) yang terhubung dengan data dukcapil, pemantauan CCTV jalur arteri, objek wisata, objek vital, sebaran anggota lalu lintas, mobil patroli sabhara, dashboard peta wilayah hukum Polda Jabar, peta kerawanan kamtibmas, dan sebaran bhabin hingga polisi RW hingga tingkat desa/kelurahan.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irwasda, menyambut baik kunjungan kerja Tim Kompolnas. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengawasan kesiapan Ops Mantap Brata 2023-2024 di wilayah hukum Polda Jabar untuk mencapai manajemen operasi yang baik dan lancar, sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat terwujud.

(JM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *