Gelar Over Land, Bakti Sosial, Penanaman Pohon, dan Hiburan Rakyat Pangdam XIV/Hsn Tidak Ada Jarak Antara TNI dan Rakyat

Indonesiainvestigasi.com

Makassar, Sulawesi Selatan – Dalam rangka memeriahkan Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin Ny. Desi Totok Imam melaksanakan flag-off pengibaran bendera start kepada Off-Roader menandakan dimulainya Kartika Hasanuddin Over Land di Jl. Sungai Tangka depan Rujab Pangdam, Kota Makassar pada Sabtu, (16/12/2023).

Flag-off ini didampingi oleh Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, S.H., M.Si., dan Ketua IOF Sulsel Adi Rasyid Ali, S.E., M.M., diikuti peserta dari Komunitas Indonesian Off Road Federation (IOF) Sulsel, Pejabat Utama PJU (Kodam), serta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin.

Ketua IOF Sulsel mengungkapkan apresiasi kepada Pangdam, menyatakan bahwa ini sudah kali ketiga mereka bersama-sama melaksanakan Off Road atau Over Land. “Jujur, kami dipertanyakan oleh IOF Pusat, luar biasa Panglima kita sangat dekat dengan IOF. Terima kasih Panglima, saya akan mendampingi Panglima sampai finish,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Sulsel juga menyampaikan terima kasih kepada Pangdam atas banyak hal yang bermanfaat bagi masyarakat Sulsel. “Ini adalah pelaksanaan yang ketiga, dan saya yakin Bapak Pangdam luar biasa. Kita bersyukur juga karena beliau banyak melakukan kegiatan sosial yang langsung dirasakan oleh masyarakat dan kegiatan olahraga terkait dengan hari ini,” tandasnya.

Selama perjalanan menuju finish, Pangdam bersama rombongan membagikan sembako kepada warga setempat sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakat. Mereka juga menanam pohon di sekitar lereng gunung untuk mewujudkan kecintaan pada alam yang hijau, sehat, dan segar serta mengantisipasi bencana banjir atau longsor. Puncak acara dilaksanakan di Kampung Karessapa Kab. Jeneponto dengan hiburan rakyat.

Mayjen Totok menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Juang TNI AD dan sebagai bentuk Bakti Sosial (Baksos) berupa pembagian sembako kepada masyarakat yang dilalui dalam rute Over Land.

“Harapan kita, dalam kondisi seperti ini, masyarakat juga ikut bahagia, dan saat Pemilu, masyarakat juga senang. Yang penting, kita semua hidup tentram, damai, bersatu. Ini harapan kita, dan jangan sampai ada jarak antara TNI dengan Rakyat karena kita satu,” tambahnya.

Pangdam juga menyampaikan bahwa TNI bersama Polri dan seluruh lapisan masyarakat bersatu dalam menjaga persatuan dan kesatuan. “Jangan sampai ada upaya sedikit pun untuk memecah-belah kita. Bersatu untuk NKRI Harga Mati,” tambahnya.

Bakri Dg. Naba (42), warga Dusun Karessapa, Kec. Bangkala Kab. Jeneponto, menyampaikan rasa syukurnya atas kedatangan Pangdam di Gunung Karaeng Tombang. “Alhamdulillah kami semua sudah dibagikan sembako dengan Pak Panglima kepada masyarakat di sekitar Gunung Karaeng Tombang. Terima kasih banyak kepada Bapak Panglima, semoga Bapak Panglima sehat dan sukses selalu,” ungkapnya dengan haru.

Over Land ini merupakan rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 tahun 2023 dengan tema “Kartika Hasanuddin Overland”. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 16-17 Desember 2023 dengan menempuh jarak 90 km, dimulai dari rumah jabatan Pangdam dan finish di Kampung Karessapa Ds. Gunung Silanu Kec. Bangkala Kab. Jeneponto.

(Jumardin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *