Festival Durian Doro Dimulai dengan Meriah: Kontes Durian Lokal Menyemarakkan Acara

Indonesiainvestigasi.com

Pekalongan, Jawa Tengah – Dalam upaya mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta meningkatkan popularitas dan penjualan buah durian, Kelompok Petani Durian Kecamatan Doro menggelar Kontes Durian Lokal di Kantor BPL Kecamatan Doro pada Sabtu (13/01/2024). Kegiatan ini menjadi bagian dari Festival Durian Kecamatan Doro yang berlangsung selama dua hari, yakni 13-14 Januari 2024.

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, beserta suaminya yang menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Ashraff Abu, turut hadir untuk memberikan dukungan dan apresiasi pada kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Bupati Fadia memuji kekompakan para petani di Kecamatan Doro yang bekerja sama dengan baik dalam menyelenggarakan acara tersebut. “Kegiatan hari ini adalah festival durian di Kecamatan Doro. Kegiatan ini merupakan kerjasama yang baik dan bagus dari desa-desa di Kecamatan Doro,” ujar Bupati.

Dalam pernyataannya, Bupati Fadia mengungkapkan kebanggaannya terhadap durian Kabupaten Pekalongan yang telah menjadi sajian wajib bagi tamu kenegaraan yang berkunjung. “Durian Kabupaten Pekalongan ini memang luar biasa dan selalu kita suguhkan kepada tamu kenegaraan,” tambahnya.

Melalui Festival Durian, Bupati berharap durian Kabupaten Pekalongan semakin dikenal luas. Ia bahkan mengusulkan pembuatan merek khusus untuk durian asal Kabupaten Pekalongan. “Durian Kabupaten Pekalongan lebih dikenal. Kita bisa punya merek khusus atau brand sehingga bisa dikenal hingga internasional,” ujarnya.

Bupati juga mengungkapkan rencananya untuk membangun jalan yang menjadi jalur petani durian, yaitu jalan Dororejo – Rogoselo, dengan anggaran sekitar 2,5 miliar rupiah. Infrastruktur ini diharapkan membantu para petani durian agar lebih mudah dijangkau oleh masyarakat, sehingga durian dapat dinikmati langsung di tempat dengan suasana yang baik dan jalanan yang memadai.

Festival Durian Kabupaten Pekalongan tidak hanya berlangsung di Kecamatan Doro, tetapi juga akan diselenggarakan di Alun-alun Kajen pada Minggu (14/01/2024). Festival tersebut akan diramaikan dengan berbagai acara menarik seperti Kirab Gunungan Durian, Bazar Durian dan UMKM, Lomba Durian Unggul, dan panggung hiburan dengan penampilan Artis Nasional Ngatmombilung.

(Hananto)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *