Cabang Dinas Kehutanan Propinsi Jateng Wilayah V11 dan Bunda Milenial Donasi Ratusan Bibit Pohon Aren dan pucung Untuk Kelestarian Lingkungan

indonesiainvestigasi.com

Banjarnegara, Jawa Tengah –
Kelestarian hutan lingkungan adalah tanggung jawab dari semua pihak. Karena jika hutan dan lingkungan rusak maka dampaknya akan mengenai kita semua. Sebgai upaya untuk melestarikan hutan dan lingkungan yang sudah mulai gundul Bunda Milenial dengan dukungan dari Cabang Dinas kehutanan Propinsi jawa Tengah wilayah V11, mendapatkan bibit Pohon Aren dan bibit pohon Pucung sebanyak 600 batang.

Droping di laksanakan pada hari selasa(8/10/2024) di Sekretariat Bunda Milenial Banjarnegara. Serah terima di lakukan oleh perwakilan dari Cabang Dinas kehutanan Propinsi jawa Tengah wilayah V11 Setyawan , dan di terima oleh Dewi Ratih ketua Bunda Milenial Banjarnegara.

Ketika di hubungi awak media melalui pesan WhatsApp . kepala Cabang Dinas kehutanan Propinsi jawaTengah Wilayah V11, YB Gatot Herdiyanto, SP, mengatakan.

Bacaan Lainnya

“Kami sampaikan apresiasi kepada Bunda Millenial atas inisiasi untuk melakukan edukasi dan gerakan penanaman di Desa Somawangi Kec Mandiraja Kab. Banjarnegara. Kami berharap gerakan ini berkelanjutan dan tumbuh partisipasi dari masyarakat sekitar untuk memelihara sampai betul betul bermanfaat bagi lingkungan.”

Gatot juga menambahlan

” Kami dari Cabang Dinas Kehutanan Propinsi Jateng Wilayah VII memfasilitasi bibit tanamn aren sebanyak 500 batang dan tanaman pucung 50 batang, kerjasama dengan Persemaian Permanen BPDAS Serayu Opak Progo Yogyakarta.”

Lebih jelas gatot menjrlaskan
” Tanamn ini merupakan tanaman perlindungn sumber mata air sehingga diharapkan sumber mata air di desa somawangi bisa terjaga, sehingga pada musim kemarau masyarakat masih bisa mendapat pasokn air untuk kebutuhan sehari hari.”
Ke depan semangat ini harus tetap tumbuh sehingga upaya pelestarian lingkungn hidup tetap berkelanjutan karena bumi ini bukan warisan leluhur kita tetapi titipan anak cucu kita.” Pungkas Gatot

Di lokasi yang berbeda dewi ratih selaku ketua bunda milenial banjarnegara menyampaikan kepada wartawan.

” kami mengucapkan terimakasih sekali kepada pihak Cabang Dinas Kehutanan propinsi Jawa Tengah Wilayah V11 yang Telah mengabulkan permohonan Dari Bunda Milenial terkait Bibit Pohon Aren.”

Dewi juga menjelaskan lebih lanjut

“Kami sebagai perempuan yang tergabung dalam komunitas Bunda Milenial atau perempuan yang bergerak di bidang budaya, sosial dan kemanusiaan ikut peduli terhadap kelestarian Lingkungan. Semata mat karena kami prihatin melihat situasi di wilayaH dusun kalipacet desa somawangi khusus nya kalau tiba musim kemarau panjang selalu kekeringan dan sulit mendapatkan air bersih. ”

” Memang selalu ada bantuan pengiriman air bersih tetapi kami berfikir untuk solusi yang jangka panjang. Harus di mulai dengan menanam pohon yang bersifat dapat menyerap air untuk menjaga agar mata air tidak mati. Untuk itu kami menghubungi pihak Dinas terkait beberapa bulan yang lalu untuk minta bantuan bibit pohon aren. yang nantinya akan kami serahkan kepada para petani yang memiliki lahan untuk di tanami pohon aren. Khususnya di pinggiran sungai sungai kecil.harapanya lima tahu kedepan pohon aren akan tumbuh subur. selain untuk penghijauan lahan yang gundul juga untuk membantu supaya mata air tidak sampai mati.” Jelasnya

Ratih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *