Bencana Alam Angin Puting Beliung Melanda Tiga Desa di Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur

Indonesiainvestigasi.com

Lampung Timur – Tiga Desa di Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, dilanda bencana alam angin puting beliung pada Sabtu sore kemarin, sekitar pukul 17.50 WIB menjelang magrib, pada Minggu (04/03/2024).

Dampak dari bencana alam angin puting beliung terjadi di 3 Desa di Kecamatan Jabung, termasuk Desa Adiluhur, Mumbang Jaya, dan Negara Batin, menyebabkan ratusan rumah mengalami kerusakan berat dan ringan.

Camat Jabung, Abu Bakar, dalam wawancaranya menyatakan bahwa dampak angin puting beliung di Kecamatan Jabung melibatkan 3 Desa, yaitu Desa Negara Batin, Adiluhur, dan Mumbang Jaya.

Bacaan Lainnya

Sebanyak kurang lebih 200 rumah mengalami kerusakan akibat bencana alam tersebut. Dari jumlah tersebut, sekitar 182 rumah mengalami kerusakan ringan pada atapnya saja, sementara 13 rumah lainnya mengalami kerusakan berat dengan kayu-kayunya roboh.

Ada juga 5 rumah yang mengalami kerusakan total hingga roboh, di antaranya 3 rumah di Desa Adiluhur dan 2 rumah di Desa Mumbang Jaya. Dari 182 rumah ringan, sebagian besar berada di Desa Adiluhur, dengan sisanya di Desa Mumbang Jaya.

Selain itu, 2 sekolah juga terkena dampak bencana alam, termasuk satu unit SDN Adiluhur yang hancur dan satu sekolah PAUD di Desa Negara Batin yang atapnya hancur akibat angin kencang.

Camat Jabung menjelaskan bahwa angin puting beliung terjadi pada Sabtu sore sekitar pukul 17.50 WIB menjelang magrib, disertai hujan deras dan angin kencang. Terdapat 3 warga Desa Adiluhur yang mengalami luka karena tertimpa genteng, dan satu warga Desa Mumbang Jaya mengalami luka parah pada kepala.

Kerugian material akibat bencana alam ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, menurut hasil pantauan di lapangan.

Camat Abu menambahkan bahwa pada pagi harinya, bersama Forkompicam, masyarakat, dan aparat Desa, dilakukan gotong royong membersihkan puing-puing kayu yang tumbang di sepanjang jalan, serta memasang kembali genteng yang terlepas akibat angin kencang. Dinas BPBD Lampung Timur dan Dinas Sosial turun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan akan membawa logistik yang diperlukan oleh warga terdampak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Timur menyatakan bahwa besok akan kembali turun ke lapangan untuk memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak bencana alam.

Bencana alam ini dianggap sebagai ujian dari yang Maha Kuasa dan diharapkan dapat diambil hikmahnya. Masyarakat diminta tetap waspada karena masih ada potensi hujan deras di daerah Jabung yang dapat menyebabkan dampak serupa.

(Hadi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *